DESKRIPSI MATA KULIAH KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI
PROGRAM STUDI SENI KARAWITAN FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN ISI PADANGPANJANG 2022
NO |
KODE |
MATA KULIAH |
JENIS MK |
SKS |
KAJIAN BAHAN |
Mata Kuliah |
|||||
|
MATA KULIAH NASIONAL |
|
|
|
|
1. |
6010801MKN01 |
T |
2 |
Pemahaman agama Islam merupakan suatu disiplin ilmu dalam membina moral terhadap pembentukan prilaku dan keribadian terhadap cara pandang yang terbuka (inklusif), toleran, tetapi tidak liberal. Pemahaman ini bertujuan untuk membina peserta didik untuk bertaqwa, berbudi luhur, berfikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis yang dikaitakan dengan kesenian. |
|
2. |
6010801MKN02 |
T |
3 |
Pemahaman pancasila sebagai pandangan hidup, dasar Negara, system ketatanegaraan Republik Indonesia, kajian perbandingan idiologi Negara dalam upaya mewujudkan cita- cita dan tujuan bangsa Indonesia, serta menghayati nilai-nilaai sejarah perjuangan bangsa |
|
3. |
6010801MKN03 |
T |
2 |
Pemahaman hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam mempelajari konsep hidup berbangsa dan bernegara, menumbuh kembangkan rasa nasionalisme, berkonstribusi dalam pembangunan melalui berkesenian serta pemahaman dalam berbagai sikap dan prilaku yang sesuai dengan nilai-nilai perjuangan serta patriotsme yang cinta tanah air, rela berkorban bagi nusa dan bangsa.sesuai profesi masing-masing |
|
4. |
6010801MKN04 |
T |
2 |
Pengaplikasian Bahasa Indonesia sebagai sarana berkomunikasi (lisan, baca dan tulisan) untuk menyerap, mengungkapkan dan menyampaikan gagasan secara sistematis dengan kaidah-kaidah Bahasa Indonesia yang baku |
|
TOTAL |
|
9 |
|
||
MATA KULIAH INSTITUSI |
|
|
|||
5. |
6010801MKI05 |
T |
2 |
Pemahaman tentang tata Bahasa Inggris, teknik pemacaan, makna kata dan teknik penterjemahan serta pengaplikasiannya pada sumber-sumber teks berbahasa Inggris untuk mendukung bidang ilmu yang sedang dikaji. |
|
6. |
6010801MKI06 |
T |
2 |
Melakukan proses belajar dalam usaha untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovatif yang bernilaiekonomi sehingga memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Pengetahuan dan pemahaman tentang system pemasaran sesuai |
|
|
|
|
|
dengan tuntutan global. |
7. |
6010801MKI07 |
T |
2 |
Matakuliah ini membuat bahasan tentang; Hakekat Sains, Perkembangan Pola berpikir manusia, Metode Ilmiah,Materi dan Energi, Bioteknologi, Alam sebagai System, Sumber daya alam dan pengelolaannya, Iptek perkembangan dan penerapannya. |
|
8. |
6010801MKI08 |
P |
3 |
Pengembangan kepribadian mahasiswa (personality development), dan pengembangan kemasyarakatan (community development) |
|
|
TOTAL |
|
9 |
|
|
|
MATA KULIAH FAKULTAS |
|
|||
9. |
6010801MKF09 |
|
T |
2 |
|
10. |
6010801MKF10 |
T |
2 |
|
|
11. |
6010801MKF11 |
SENI PERTUNJUKAN DAN TEKNOLOGI |
T |
2 |
Periodeisasi dan Berbagai fenomena seni pertunjukan Indonesia berdasarkan perkembangan teknologi. |
12 |
6010801MKF12 |
T |
3 |
Penguasaan teknik penulisan ilmiah meliputi; tata aturan EYD, kalimat dan alinea, teknik- teknik kutipan dan model-model foote note, kepustakaan, glosari, abstrak, sinopsis dan indeks dalam bentuk penulisan skripsi, laporan karya seni, jurnal, artikel dan makalah |
|
|
TOTAL |
|
9 |
|
|
|
MATA KULIAH PRODI |
|
|||
13. |
6010801MKK13 |
T |
2 |
Pemahaman tentang metode-metode dan teknik penelitian dan pengaplikasanny ke dalam rencana penelitian, pelaksanaan penelitian lapangan dan pelaporan penelitian, baik berwujud skripsi maupun komposisi musik karawitan ataupun makalah |
|
14. |
6010801MKK14 |
T |
2 |
Ilmu tentang disiplin etnomusikologi meliputi sejarah perkembangan, ruang lingkup objek studi, kedudukannya di tengah disiplin ilmu-ilmu lain, dan pemahaman tentang pendekatan |
|
|
|
|
|
konseptual / teori atau metodologi yang digunakan untuk mengamati onsep musikal, aliran atau gaya, repertoar dari genre-genre music dunia termasuk music populer. |
15. |
6010801MKK15 |
T |
2 |
Pemahaman tentang prinsip klsifikasi alat musik berdasarkan penggolongan menurut sumber bunyinya dan pemahamn tentang prinsip bunyi alat music secara fisika, serta konsep artistic yang dihasilkannya. |
|
16. |
6010801MKK16 |
T |
2 |
Pemahaman dan mampu membaca ritem dan melodi pada tulisan menurut nilai-nilai not yang tertulis serta mampu memindahkan bunyi musik kedalam tulisan. |
|
17. |
6010801MKK17 |
T |
2 |
Menguasai secara teoritis sejumlah genre musik yang “memiliki daya tarik yang luas dan biasanya didistribusikan ke khalayak yang besar melalui industri musik. Ini berlawanan dengan baik seni musik dan musik tradisional, yang biasanya disebarluaskan secara akademis atau secara oral lebih kecil, penonton lokal.Meskipun musik populer kadang-kadang dikenal sebagai “musik pop“, dua istilah yang tidak dapat dipertukarkan. Musik populer adalah istilah umum untuk musik dari segala usia yang menarik bagi selera populer, sedangkan semi pop biasanya mengacu pada genre musik yang lebih spesifik |
|
18. |
6010801MKK18 |
T |
2 |
|
|
19. |
6010801MKK19 |
T |
2 |
Memahami konsep-konsep ilmu ketandaan (juga disebut studi semiotic dan dalam tradisi Saussurean disebut semiologi) adalah studi tentang makna keputusan. Ini termasuk studi tentang tanda-tanda dan proses tanda (semiosis), indikasi, penunjukan, kemiripan, analogi, metafora, simbolisme, makna, dan komunikasi |
|
20. |
6010801MKK20 |
T |
3 |
Melatih kepekaan pendengaran terhadap melodi, akord, interval serta ritmis/irama, dan dapat mempraktikkan dan menuliskan dalam bentuk notasi yang lebih kompleks |
|
21. |
6010801MKK21 |
T |
2 |
Pemahaman tentang metode-metode penggarapan; jenis, aliran dan gaya music yang dapat digunakan untuk metode penggarapan’ komposisi musik’ sesuai dengan gagasan karya musik. Kemudian mengaplikasikan kepada langkah awal penggarapan karya music dalam bentuk proposal karya komposisi music secara utuh |
22. |
6010801MKK22 |
T |
2 |
Pemahaman tentang dasar –dasar teori music meliputi;, harmoni, kontrapunk dan bentuk musik serta pengapliksikannya ke dalam bentuk tulisan musik. |
|
23. |
6010801MKK23 |
T |
2 |
Pemahaman tentang dasar –dasar teori musik meliputi; system penulisan music, tangga nada, interval, akord, ritme, melodi serta pengapliksikannya ke dalam bentuk tulisan music |
|
24. |
6010801MKK24 |
T |
2 |
Pembahasan untuk meneliti dan menyimpulkan bagian-bagian paling sederhana dari sebuah susunan lagu musik, baik berupa susunan pokok (Schenker), dari tema, dari bentuk (Tovey), serta dari bagian susunan (Riemann) sehingga dapat dimengerti dan dipahami arti keseluruhannya |
|
25. |
6010801MKK25 |
T |
2 |
Pemahaman tentang berbagai bentuk gaya pementasan karya seni dan mengkritisinya lewat teori-teori kritik seni serta mengaplikasikannya ke dalam tulisan ilmiah atau non ilmiah. |
|
26. |
6010801MKK26 |
T |
2 |
Menguasai dan memahami berbagai kompleksitas yang berkaitan dengan tata kelola atau manajemen Seni Pertunjukan |
|
27. |
6010801MKP27 |
T |
2 |
Memahami jenis-jenis panggung dan teknik tentang penataan ruangan pertunjukan meliputi; setting panggung, tata cahaya, dan sound system, serta fungsi dalam bagian-bagian panggung. |
|
28. |
6010801MKK28 |
T |
2 |
Pemahaman tentang konsep dan pengindentifikasian konsep-konsep keilmuan tentang keindahan serta memformulasikannya ke dalam kajian estetika |
|
29. |
6010801MKK29 |
T |
2 |
Memahami sistem Adat Minangkabau sebagai landasan bagi masyarakat untuk mengambil tindakan baik sebagai pemimpin (penguasa) atau Penghulu (pemimpin masyarakat adat), |
|
30. |
6010801MKK30 |
|
T | 2 | Pemahaman tentang konsep berbagai genre Musikologi Nusantara |
31. |
6010801MKK31 |
T |
2 |
Mampu memahami ilmu yang berkenaan dengan Teknologi dalam memasarkan musik |
|
32. |
6010801MKK32 |
T |
2 |
Mampu memahami ilmu Tentang Ilmu Komunikasi Publik |
|
|
|
|
|
maupun masyarakat biasa yang memegang teguh adat yang dijalankan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. |
33. |
6010801MKK33 |
DENDANG MINANGKABAU |
Penguasaan konsep musikal dan keterampilan individual dendang darek dan dendang Pasisia. |
||
34. |
6010801MKK34 |
T |
2 |
Penguasaan keterampilan tata rias wajah dan busana dengan berbagai karakter (seperti: cantik, gagah, sadis, pesimis, tua, tengkorak, badut, binatang, tumbuhan, alam dan sebagainya) melalui pendekatan unsur-unsur estetika secara tradisional dan modern. |
|
35. |
6010801MKK35 |
T |
2 |
Penguasaan keterampilan alat musik melodis Saluang dan Sampelong yang berkembang di beberapa wilayah Darek di Minangkabau. |
|
36. |
6010801MKK36 |
T |
|
Penguasaan musikal dan keterampilan memainkan ensambel Gandang Sarunai yang terdiri dari dua gendang yang dinamakan Gendang Jantan dan Gendang Betina, perbedaan dari nama gendang tersebut terletak pada pola-pola ritme dan juga warna bunyi masing- masing gendang dan penguasaan konsep musikal secara teknik penggunaan stik dengan tangan kanan dan kiri serta kombinasi keduanya |
|
37. |
6010801MKK37 |
P |
2 |
Penguasaan musikal dan keterampilan memainkan Gandang aguang yang merupakan bagian dari ensambel musik Talempong Aguang yang terdiri dari:6 buah talempong, 2 buah gong, dan 2 buah gandang. |
|
38. |
6010801MKK38 |
P |
2 |
Penguasaan musikal dan keterampilan dalam memainkan alat musik Talempong Unggan, dalam bentuk ensambel yang terdiri dari lima buah talempong berfungsi sebagai melodi, 2 buah gandang sebagai ritem dan 1 buah aguang sebagai penguat aksentuasi. |
|
39. |
6010801MKK39 |
P |
2 |
Penguasaan keterampilan garap berbagai bentuk permainan interlocking Talempong dari berbagai wilayah budaya Minangkabau. |
|
40. |
6010801MKK40 |
P |
2 |
Penguasaan garap musikal dari beberapa genre music tradisi melauli pendekatan tradisi serta mengaplikasikannya ke dalam sebuah garapan komposisi musik baru yang memakai teknik penggarapan komposisi sesuai dengan ide atau gagasan masing-masing daerah. |
|
41. |
6010801MKK41 |
KOMPOSISI MUSIK INDUSTRI |
P |
2 |
Penguasaan penciptaan musik yang bersumber dari musik etnik Nusantara, untuk kebutuhan musik industri |
42. |
6010801MKK42 |
P |
2 |
Penguasaan musikal dan keterampilan memainkan alat musik gesek Rabab Pesisia, serta mampu menghasilkan tehnik keseimbangan sistem penjarian (antara pijakan jari dan tehnik menggesek) serta tehnik dendang yang berkualitas. |
|
43. |
6010801MKK43 |
INDANG PIAMAN |
P |
2 |
Penguasaan musikal dan keterampilan memainkan Indang Piaman, dengan tehnik memainkan Rapa’i, dikie, dan alur pertunjukan Indang Piaman/Pariaman. Indang Piaman merupakan salah satu music tradisi yang bernuansa Islam. |
|
|
|
|
|
berbagai wilayah budaya Minangkabau. |
44. |
6010801MKK44 |
TARI MINANGKABAU |
P |
2 |
Penguasaan keterampilan Tari Minangkabau baik secara individu maupun kelompok. |
45. |
6010801MKK45 |
P |
2 |
Penguasaan musikal dan keterampilan memainkan ensambel Talempong, berperan dalam Pengembangan Kreativitas dan Inovasi Musik Tari. |
|
46. |
6010801MKK46 |
P |
2 |
Penguasaan musikal dan keterampilan individual memainkan Salawaik Dulang atau Salawaik Talam, salah satu sastra lisan Minangkabau yang bertema Islam berupa pertunjukkan dengan jumlah pemain dua orang yang membacakan teks bersahutan dengan tabuhan dulang. |
|
47. |
6010801MKK47 |
P |
2 |
Penguasaan musikal dan keterampilan memainkan Dikia Rabano sebagai salah satu seni pertunjukan tradisional Minangkabau yang merupakan nyanyian bernuansa Islami dengan alat musik Rabano. |
|
48. |
6010801MKK48 |
|
P |
2 |
Penguasaan keterampilan dalam menyanyikan Barzanji yaitu teks nyanyian puji-pujian serta manyampaian cerita tentang Nabi Muhammad SAW dan para sahabat, yang dibacakan dengan nyanyian yang dilantunkan dalam kegiatan ritual keagamaan. |
49. |
6010801MKK49 |
MUSIK MELAYU DELI |
P |
2 |
Penguasaan musikal dan keterampilan garap ensambel musik Melayu Deli (Gendang Ronggeng dan lagunya) serta mampu mempraktekkan kombinasi antara gendang dan lagu-lagu tradisional Melayu Pesisir Timur Sumatera Utara. |
50. |
6010801MKK50 |
GAMAIK |
P |
2 |
Penguasaan musikal dan keterampilan memainkan Ensambel Musik Gamad Sebagai Ciri Khas Musik Pengaruh Budaya Portugis Di Minangkabau |
51. |
6010801MKK51 |
MUSIK MELAYU RIAU |
P |
2 |
Penguasaan musikal dan keterampilan memainkan ensambel musik Melayu Riau (Gambus dan Marwas beserta lagunya) serta mampu memainkan modus-modus atau tangga nada musik yang berasal dari Timur Tengah. |
52. |
6010801MKK52 |
P |
2 |
Penguasaan musikal dan penguasaan keterampilan individual dan kelompok Teknik permainan Gandang Tambua serta nilai-nilai budaya yang terkandung didalamnya. Gandang Tambua adalah seperangkat musik perkusi yang berkarakter enerjik dan atraktif. |
|
53. |
6010801MKP53 |
RANDAI |
2 |
Penguasaan keterampilan memainkan Randai Minangkabau sebagai media untuk menyampaikan kaba atau cerita rakyat melalui gurindam atau syair yang didendangkan, tapuak galembong dan galombang (tari) yang bersumber dari gerakan-gerakan silat |
|
54. |
6010801MKP54 |
P |
2 |
Memberikan penguasaan keterampilan memainkan musik Gamelan Bali baik secara individu maupun secara ansambel serta pola-pola ritmis dan melodis yang terkandung dalam ensambel Gong Kebyar. |
|
|
|
|
|
|
55 |
6010801MKP55 |
P |
2 |
Memberikan penguasaan keterampilan memainkan musik Gamelan Jawa baik secara individu maupun secara ansambel serta pola-pola ritmis dan melodis, yang terkandung dalam ensambel Gamelan Ageng. |
|
56. |
6010801MKP56 |
GAMELAN SUNDA |
P |
2 |
Memberikan penguasaan musikal dan keterampilan memainkan musik Gamelan Sunda baik secara individu maupun secara ansambel serta pola-pola ritmis dan melodis yang terkandung dalam ensambel Gamelan Degung. |
57. |
6010801MKP57 |
KOMPOSISI MUSIK ILUSTRASI |
P |
2 |
Penguasaan teknik penggarapan komposisi musik tari, teater dan film, serta mengaplikasikannya ke dalam sebuah komposisi musik baru dengan media baru. |
58. |
6010801MKP58 |
P |
2 |
Pengaplikasikan metode, teknik konsep atau teori yang telah dipelajari ke dalam kegiatan penelitian atau studi lapangan dan proses karya seni dalam bentuk Skripsi. |
|
|
|||||
|
|
TOTAL |
|
52 |
|
MATA KULIAH PILIHAN |
|
|
|||
59 |
6010801MKP59 |
T |
2 |
Memahami ilmu Psikologi ditinjau dari berbagai lintas budaya musik Melayu Nusantara. |
|
60 |
6010801MKP |
T |
2 |
Memahami fenomena Musik Nusantara dari berbagai sudut pandang kebudayaan. |
|
61 |
6010801MKP61 |
MODERN |
T |
2 |
Memahami secara historis dampak perkembangan Pola Pikir manusia di era modern hingga kemajuan teknologi di era globalisasi saat ini. |
62 |
6010801MKP62 |
T |
2 |
Memberikan penguasaan tentang dunia pariwisata dan industri kreatif, melalui strategi manajemen yang berdampak terhadap industri pariwisata dan ekonomi yang semakin kreatif, sehingga berdaya saing, berkelanjutan, dan mendukung kearifan lokal. |
|
63 |
6010801MKP63 |
T |
2 |
Menguasai dan memahami berbagai kompleksitas konsep yang berkaitan dengan Teknologi Musik di Era Digital sekarang ini. |
|
64 |
6010801MKP64 |
T |
2 |
Memahami refleksi kehidupan manusia bermain musik sebagai bagian dari sistem kepercayaan dalam rangka mendekatkan diri dihadapan sang Khaliq, serta memberi pengetahuan dan pemahaman terhadap musik religi serta jenis-jenisnya maupun fungsinya dalam kehidupan bermasyarakat. |
|
65 |
6010801MKP65 |
T |
2 |
Menguasai berbagai kebudayaan Indonesia dan kontribusinya dalam pembangunan bangsa, |
|
66 |
6010801MKP66 |
T |
2 |
Memberikan penguasaan tentang materi penulisan artikel, artikel populer, berita, opini, dan esai yang berorientasi pada aplikasi/software. |
|
67 |
6010801MKP67 |
T |
2 |
Menguasai berbagai sejarah berbagai genre-genre Musik di Nusantara. |
|
68 |
6010801MKP68 |
ANTROPOLOGI BUDAYA |
T |
2 |
Memberikan pemahaman ilmu antropologi yang berfokus pada penelitian variasi kebudayaan pada manusia, seta mampu menguasai metode pengamatan. |
69 |
6010801MKP69 |
P |
2 |
Mampu menguasai konsep teoritis sosiologi secara umum dan konsep teoritis bidang-bidang kajian sosiologi secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara sistimatis dan prosedural serta mengaplikasikan konsep, teori dan metode sosiologi dan IPTEKS dalam penyelesaian masalah perubahan sosial dan pembangunan |
|
70 |
6010801MKP70 |
P |
2 |
Memahami secara historis sistem tradisi lisan yang berkembang dalam kehidupan budaya masyarakat, yang terdiri atas cerita rakyat, bahasa rakyat, teka-teki rakyat (pertanyaan tradisional), peribahasa rakyat (ungkapan tradisional), dan nyanyian rakyat dan lain –lain |
|
71 |
6010801MKP71 |
P |
2 |
Memahami tentang historis kebudayaankebudayaan-kebudayaan masa lampau berupa peninggalan-peninggalan,yang sesuai dengan perkembangan kebudayaan sebelumnya yang terdiri atas kebendaan dan kerohanian dari zaman ke zaman berikutnya. |
72 |
6010801MKP72 |
P |
2 |
Memberikan penguasaan musikal dan keterampilan memainkan Saluang Panjang dan Saluang Pauah serta teknik-teknik tiup konvensional secara individu. |
|
73 |
6010801MKP73 |
P |
2 |
Mampu mempraktekkan teknik teknik menggesek alat musik Rabab Piaman sebagai bagian alat musik gesek Minangkabau di daerah Piaman secara individu. |
|
74 |
6010801MKP74 |
P |
2 |
Menguasai praktek teknik-teknik garap permainan Kateuba, Gajeuma,Tudukat dan Urai Kerei Mentawai |
|
75 |
6010801MKP75 |
P |
2 |
Memberikan pemahaman musikal dan teknik-teknik keterampilan memainkan musik Kompang dan Rapa’I Aceh. |
|
76 |
6010801MKP76 |
P |
2 |
Menguasai konsep musikal dan keterampilan memainkan alat petik Kucapi Sijobang Minangkabau. |
|
77 |
6010801MKP77 |
P |
2 |
Menguasai musikal dan praktek bermain music Biola Melayu dan Gendang melayu |
|
78 |
6010801MKP78 |
P |
2 |
Menguasai konsep musikal dan praktek bermain ensambel musik Katumbak Pariaman. |
|
79 | 6010801MKP79 | TALEMPONG BASAUA |
P |
2 |
Menguasai konsep musikal dan keterampilan memainkan ensambel musik Talempong dalam bentuk interlocking, dan hocketing dari berbagai wilayah budaya Minangkabau. |
80 |
6010801MKP80 |
P |
2 |
Menguasai konsep musikal dan praktek bermain musik Angklung |
|
81 82 |
6010801MKP81 6010801MKP82 |
P P |
2 2 |
Menguasai konsep musikal dan praktek bermain music Bansi dan Sarunai Minangkabau Penguasaan musikal dan keterampilan memainkan Gondang Sabangun dan Gondang Hasapi sebagai musik identitas Batak Toba.
|
|
TOTAL 46 SKS (WAJIB DIAMBIL 14 SKS) |
|
46 |
Padangpanjang, 18 Juli 2022
Ketua Program Studi Seni Karawitan,
Dr. Asep Saepul Haris, M.Sn
NIP. 1969196905112001121002